Cara Membuat Bakso Sapi Enak Ala Rumahan

Nama bakso sapi sudah tidak asing lagi bukan ditelinga ? Cara membuat bakso sapi pun cukup mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah. Yuk simak cara membuat bakso sapi dibawah ini..

Sejarah Bakso

Bakso mempunyai unsur akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah nama bakso yang berasal dari kata bak-so, dalam Bahasa Hokien kata bakso mengandung arti secara arfiah yang berarti daging giling. Di Indonesia mayoritas penduduk beragama islam maka dari itu bakso yang ada di Indonesia lebih umu terbuat dari daging yang halal seperti daging sapi.

Kini kebanyakan penjual bakso berasal dari orang Wonogiri dan Malang. Tempat yang bisa dijadikan sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang. Bakso Solo dan Malang adalah salah satu masakan bakso yang disajikan khusus dan khas dari Jawa.

Cara Membuat Bakso Sapi

cara membuat bakso sapi

Bahan bakso sapi:

  • 500 gram daging sapi
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung kanji
  • 3 siung bawang putih
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Bubuk pala 1/2 sdt
  • Garam 1 sdm
  • Kaldu sapi bubuk 1 sdm
  • Air secukupnya

Cara membuat bakso sapi:

  1. Bersihkan daging sapi lalu giling sampai halus.
  2. Setelah sudah halus, tambahkan telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, lada bubuk, bubuk pala, garam dan kaldu sapi bubuk.
  3. Jika semua sudah tercampur dengan rata, langkat selanjutnya tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit dan jangan lupa untuk terus diaduk.
  4. Setelah adonan bakso sudah siap, masak air hingga mendidih. Lalu bulat-bulatkan adonan bakso sesuai selera, dan masukkan ke dalam air mendidih.
  5. Tunggu hingga bakso terapung, jika sudah angkat lalu tiriskan.
  6. Bakso sapi sudah siap untuk disajikan.

Bako sapi yang sudah jadi bisa anda buat menjadi bakso bakar, bakso goreng, bakso mercon dan lain sebagainya.

Manfaat Daging Sapi

1. Menguatkan Tulang

Sumber fosfor yang terkandung dalam daging sapi ini memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh seperti bisa membantu memperkuat tulang dan gigi. Pembentukan tulang ini sangat dibantu saat anda mengonsumsi daging sapi.

2. Mencegah Kelelahan

Zat besi yang terkandung dalam daging sapi juga sangat berguna untuk membantu mengangkut oksigen yang ada didalam tubuh. Jadi makin banyak zat besi yang didapat tubuh, maka makin banyak pula oksigen yang dibawa ke seluruh otot dan sel tubuh.

Mengubah makanan yang dikonsumsi sehari-hari menjadikan tubuh menjadi bertambah energi lebih dan bisa menjauhkan dari rasa kelelahan. Zat besi yang terkandung dalam daging sapi merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk pasien yang menderita anemia karena bisa meningkatkan produksi hemoglobin didalam tubuh.

3. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Daging sapi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Kandungan asam linoleat yang terkandung dalam daging sapi ini bisa berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

4. Memberi Tambahan Energi

Mengkonsumsi daging sapi dengan rutin, sesuai porsi yang disarankan dan juga diolah dengan pengolahan yang sehat bisa memberikan tambahan energi yang membuat hari anda menjadi lebih produktif lagi. Nutrisi yang terkandung dalam daging sapi ada vitamin B dan B12 yang bisa membantu menjaga aliran sel darah merah dan saraf dalam tubuh agar tetap aktif dan sehat.

5. Membangun Massa Otot

Daging sapi juga  bisa membantu membangun masa otot dengan mengkonsumsi daging sapi sesuai porsi yang dianjurkan oleh dokter. Daging sapi juga memiliki kandungan senyawa yang dimana kandungan ini terbentuk dari banyak asam amino yang ada didalam daging.

Senyawa tersebut bisa membantu meningkatkan serat otot, menjadi lebih kuat dan juga memperbaiki sel dan jaringan otot dalam tubu. Asam amino ini tidak hanya bisa membangun masa otot, tetapi juga memberikan nutrisi yang sangat baik untuk membantu menyehatkan rambut, kulit dan kuku.

Sangat udah bukan untuk membuat bakso sapi di rumah sendiri ? Cara membuat bakso sapi pun sangat mudah untuk dipraktikan di rumah. Selamat mencoba..

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *