cara membuat bolu coklat

Resep Cara Membuat Bolu Coklat Enak dan Lembut Dirumah

Bolu coklat salah satu makanan yang umum dijumpai pada acara-acara resmi seperti pernikahan ini memang memiliki rasa yang sangat enak dan lembut. Nah bagi anda yang ingin membuat makanan ini yuk simak resep cara membuat bolu coklat lembut dan enak berikut ini.

Cara Membuat Bolu Coklat

Bahan-Bahan A :

  • 400 gram putih telur
  • 1 sdm Pengemulsi Kue
  • 180 gram gula pasir

Bahan-Bahan B :

  • Bubuk Kakao 30 Gram
  • 140 Gram Tepung Terigu Protein Rendah
  • Susu Bubuk Full Cream 15 Gram
  • 1 sdt vanili bubuk

Bahan-Bahan C :

  • 100 Gram Dark Chocolate Cooking
  • 130 Ml Minyak Nabati

Bahan D:

  • 50 Gram Dark Cooking Chocolate
  • 15 Ml Minyak Nabati

Bahan E :

  • Taburan Emas secukupnya

Cara Membuat Bolu Coklat :

  1. Mixer dengan kecepatan rendah sampai bahan A tinggi sampai mengembang.
  2. Setelah adonan mengembang, turunkan kecepatan mixer, masukkan Bahan B sedikit demi sedikit.
  3. Matikan mixer, masukkan Bahan C yang sudah dilelehkan menggunakan teknik double bowl team, aduk dengan teknik back-stirming hingga adonan tercampur rata hingga tidak ada coklat leleh yang mengendap di dasar adonan.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon/tulban ukuran 22 cm yang sudah diolesi mentega dan ditaburi sedikit tepung.
  5. Panggang dengan suhu 180°C selama 50 menit.
  6. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang, tunggu hingga dingin.
  7. Tim dengan teknik mangkuk ganda Bahan D, gosokkan pada permukaan kue yang dingin. Hiasi dengan Bahan E.
  8. Kue coklat siap disajikan.

Manfaat Coklat

Nah ternyata coklat juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat coklat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.

1. Meningkatkan Aliran Darah

Sehubungan dengan penelitian di atas, ditemukan juga bahwa hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga lebih rendah pada kelompok dark chocolate. Kandungan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan alami dari coklat. Cokelat bermanfaat sebagai antioksidan.

2. Meningkatkan hormon insulin

Sehubungan dengan penelitian tersebut di atas, ditemukan juga bahwa tekanan darah sistolik (angka pertama dalam indikator tekanan darah) diukur setiap hari dan juga lebih rendah pada kelompok dark chocolate. Flavonoid yang dikandungnya bertindak sebagai antioksidan alami dalam cokelat. Cokelat bermanfaat sebagai antioksidan.

3. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan buah-buahan yang menopang berat badan, makan cokelat adalah pola makan yang menakutkan.

Penelitian dari Universitas Kopenhagen mengarah pada penemuan bahwa cokelat hitam memberikan rasa kenyang, seperti jambu biji dan apel, daripada cokelat putih. Artinya cokelat sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Johns Hopkins School of Medicine. Dalam sebuah penelitian, cokelat hitam membantu mengurangi risiko serangan jantung hingga hampir 50%, kata Diane Becker, M.D., SCD.

Ini karena koagulasi trombosit lebih lambat pada orang yang makan cokelat daripada mereka yang tidak. Hal ini penting karena trombosit dapat terbentuk ketika mereka menggumpal dan gumpalan di pembuluh darah ini dapat menyebabkan serangan jantung.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Jika Anda berada dalam situasi stres dengan proyek bisnis, ada baiknya Anda makan cokelat hitam. Cokelat tidak hanya membantu mengurangi dampak stres terhadap lingkungan, tetapi juga meningkatkan kapasitas mental saat dibutuhkan.

Para peneliti di University of Nottingham menemukan penyakit ini dan menemukan bahwa meminum kakao yang kaya flavanol bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke bagian-bagian penting otak selama 2-3 jam. Dapat meningkatkan kinerja dan aktivitas otak dalam jangka pendek.

6. Mencegah Sakit Perut

Sebagian besar dari kita hanya tahu beberapa tanaman yang membantu dalam pengobatan diare, seperti daun jambu biji. Sedangkan sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad XVI adalah pengelolaan pengobatan diare dengan kakao.

Baru-baru ini telah dikonfirmasi oleh studi ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak di Institut Penelitian Auckland telah menemukan bahwa flavonoid dalam kakao mengikat protein yang mengatur sekresi cairan di usus kecil dan membantu menghentikan diare.

7. Baik Untuk Sindrom Kelelahan

Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, sekelompok orang dewasa dengan sindrom kelelahan kronis diberi sekitar 1,5 ons 85% dark chocolate setiap hari selama delapan minggu.

Dalam studi yang diajukan untuk dipublikasikan, peserta melaporkan bahwa mereka merasa kurang lelah setelah makan cokelat. Anehnya, menurut peneliti Steve Atkin, Ph.D., kelompok orang ini tidak mengalami kenaikan berat badan.

Para peneliti percaya bahwa coklat meningkatkan aksi neurotransmiter seperti serotonin dan membantu mengatur suasana hati dan tidur, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat bolu coklat sendiri di rumah ? Selain memiliki rasa yang enak dan lembut makanan ini juga mengandung kandungan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *