Cara Membuat Cheesy Macaroni Mudah dan Enak Dirumah

Agak sedikit asing bukan nama macaroni schotel ini di telinga anda ? Ya makanan yang mungkin jarang anda temui diwarung dekat rumah, tapi tenan jika anda ingin mencicipi makanan ini yuk simak cara membuat cheesy macaroni yang mudah dan enak di rumah berikut ini.

Apa Itu Macaroni Schotel ?

Macaroni schotel atau kadang disebut mie selendang, adalah hidangan pasta Indonesia yang dibuat dengan makaroni , mentega, susu, daging asap atau daging ayam, keju, jamur, tuna, sosis, telur dan terkadang terdapat kentang .
Makaroni ini asli Indonesia. Nama schotel makaroni terdiri dari dua kata yaitu pasta dan schotel atau schaal. Pasta adalah kata bahasa Indonesia untuk “pasta” dalam bahasa Inggris, sedangkan schotel atau schaal adalah kata dalam bahasa Belanda untuk “piring” atau “piring”.

Asal Usul Dari Macaroni Schotel

Macaroni schotel adalah salah satu hidangan pasta paling populer di Indonesia. Padahal, sejarah sajian ini di Indonesia cukup panjang. 
 
Pasta schotel dibawa ke Indonesia oleh Belanda pada pertengahan abad ke-19. Awalnya hanya ibu rumah tangga Belanda yang membuat pasta di hotel ini. Pasalnya, resep pasta Schotel cukup mudah ditemukan di buku masak yang beredar saat itu, sehingga cukup mudah untuk dipraktikkan . 
 
Hidangan ini awalnya tidak disebut schotel macaroni. Di Eropa, masakan ini dikenal dengan nama pasta casserole. Ini adalah hidangan yang sama dengan nama yang berbeda . 
 
Makanan ini kemudian menyebar ke Eropa Barat, salah satunya adalah Belanda. Kemudian Belanda membawa pasta dan casserole ke Indonesia dan menyajikannya kepada penduduk asli . Awalnya, penduduk setempat tidak mempraktikkan pasta schotel karena bahannya dianggap terlalu mahal. 
 
Selain itu, masyarakat adat juga belum terbiasa mengonsumsi pasta yang merupakan olahan gandum. “Dulu, pasta adalah barang mewah bagi orang Indonesia. “Berikan atau beli,” Fudley menjelaskan.
 
Namun seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat adat yang mewarisi resep tersebut dari zaman kolonial. Hotel pasta ini didirikan oleh banyak ibu rumah tangga pribumi elit.
 
Mereka biasa memasak pasta schotel seperti sajian khas keluarga kelas menengah ke atas pada masa kolonial. Sejak kemerdekaan Indonesia, schotel macaroni semakin banyak digunakan sebagai santapan istimewa pada waktu-waktu tertentu di rumah atau di pesta. 
 
“Macaroni schotel telah menjadi salah satu hidangan Eropa yang paling dihormati di kalangan elit di rumah-rumah masyarakat selama era kolonial dan setelah kemerdekaan,” kata Fadley. Membaca tentang

Cara Membuat Cheesy Macaroni Schotel Yang Manis Dan Lumer

cara membuat cheesy macaroni

Bahan-Bahan Cara Membuat Cheesy Macaroni :

  • 200 gr makaroni siku, rebus, tiriskan, tambahkan minyak, aduk rata
  • 1 bawang bombay ukuran sedang
  • 320 ml susu cair full cream
  • 140 gram keju parut (keju campuran bole, mozza / edam)
  • 3 buah sosis sapi, potong kecil-kecil
  • 4 buah telur utuh
  • Secukupnya garam, pala dan merica
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil

Bahan Saus Putih :

  • 160 gr keju parut (keju bole, mozarella / edam)
  • 2 sendok makan tepung segitiga
  • 300 cc susu cair
  • 2 sendok makan mentega

Cara Membuat Cheesy Macaroni :

  1. Mempersiapkan alat dan bahan
  2. Kemudian tumis bawang bombay yang sudah dicampur dengan dua sendok makan mentega hingga harum dan tambahkan sosis + wortel, aduk hingga lembut.
  3. Ketika saya kehabisan daging, saya pikir saya memiliki stok yang rata. Akhirnya, saya menggunakan sosis utuh. Saya menggunakan merek Bernardi.
  4. Tambahkan mie rebus + keju sambil diaduk asalkan merata
  5. Saya menggunakan campuran cheddar + edamame
  6. Segera tuang adonan telur + susu lalu garamkan pala, bumbu halus dan merica / kuah gula halus secukupnya … masak lagi selama 5 menit … biarkan meresap
  7. Saus putih: Panaskan mentega, tambahkan tepung terigu, aduk cepat agar tidak menggumpal, segera tuangkan susu + keju, dan masak dengan api kecil hingga mengental + keju meleleh.
  8. Catatan: sambal saya kental, karena pengadukannya tidak cepat + apinya terlalu besar + irisan kejunya meleleh.
  9. Tata pasta di atas mangkuk Pyrex / Ramkin / Aluminium, 3/4, tuangkan saus putih saja. Taburi keju parut + timi / peterseli secukupnya, siap dipanggang
  10. Panggang dengan suhu 180 derajat selama 40 menit sampai harum (kalo suka permukaan + sisi kecoklatan, masalahnya lebih wangi + tray)
  11. Setelah selesai, tunggu hangat / dingin, lalu potong-potong … masalahnya mata masih creamy dan tidak kaku ..
  12. Keju sangat harum, sangat enak, Coco Demim dalam sebotol Saus Tomat / Saus Cabai …
  13. Setelah masak tunggu hangat / dingin lalu potong … Masalahnya mata masih creamy dan belum mengeras ..
  14. Keju yang sangat harum, sangat enak, Coco Demim dalam sebotol Saus Tomat / Saus Cabai …
Bagaimana mudah bukan cara membuat cheesy macaroni ini di rumah sendiri ? Jadi anda tidak perlu jauh-jauh jika ingin memakan makanan ini. Selamat mencoba membuat macaroni schotel dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk menyajikan makanan ini untuk keluarga di rumah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *