cara membuat ramen

Cara Membuat Ramen Ala Rumahan Enak dan Mudah

Sudah tidak asing lagi bukan ramen di telinga kalian ? Ya ramen makanan Jepang yang sangat populer ini sangat enak untuk dihidangkan saat musim hujan karena cara membuat ramen ternyata cukup mudah untuk anda buat sendiri di rumah. Yuk simak resepnya dibawah ini.

Jenis-Jenis Ramen

Ramen merupakan makanan khas Jepang yang diolah dari bahan dasar mie kuah. Ciri khas ramen adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning.

Sekilas mi yang digunakan dalam ramen ini mirip dengan mi instan di Indonesia, namun jika diperhatikan lebih dekat, mi ramen tersebut memiliki diameter yang lebih kecil. Mie tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk berisi kuah yang terbuat dari berbagai jenis kaldu.

1. Ramen Shoyu

Kuah ramen ini cenderung bening dan agak kecokelatan. Hidangan ini memiliki rasa yang ringan dibumbui dengan kecap (kecap). Biasanya kaldu dibuat dari ayam, tapi ada juga yang menggunakan daging babi atau daging lainnya.
Jenis mie keriting ini sering digunakan dalam ramen kecap. Jika menu di restoran tidak menyebutkan jenis ramen, bisa jadi ramen shoyu karena paling umum.

2. Ramen Shio

Kuah pada ramen ini hanya dibumbui dengan garam. Ciri khasnya adalah kuahnya yang bening kekuningan. Menurut NDTV, biasanya zodiak ramen dibuat dengan menggunakan kaldu ayam. Tetapi ada juga kegunaan daging lainnya tergantung pada daerahnya. Menu ini juga banyak menggunakan rumput laut.

3. Ramen Tsukemen

Jenis ramen yang satu ini lumayan langka di berbagai negara. Tekstur kuahnya sendiri cenderung kental dan berwarna coklat, berbeda dengan ramen lainnya. Mie biasa di tsukemen disajikan terpisah. Jadi, Anda perlu mencelupkannya ke dalam kaldu lalu menikmatinya.
Tsukemen sering kali menggunakan mi soba yang disiapkan dingin dengan kuah yang hangat. hal itu membuat mie sangat empuk. Tapi ramen ini juga bisa dihidangkan dalam suhu ruangan.

4. Ramen Miso

Bumbu ramen ini adalah dengan miso atau pasta kedelai. Sausnya kental dan berwarna coklat. Rasanya sendiri cukup kompleks dan tidak seringan shoyu atau shio. Tapi tetap cocok untuk mengatasi hawa dingin. Konon ramen miso berasal dari Hokkaido. Kemudian populer di seluruh Jepang dan dunia karena rasa miso yang khas.

5. Ramen Tonkotsu

Sup ramen ini dibuat dari tulang babi yang dimasak hingga berwarna krem dan berwarna putih. Diperlukan waktu hingga 20 jam untuk memasak tekstur seperti susu. Rasanya juga enak.

Cara Membuat Ramen

cara membuat ramen

Bahan-Bahan :

  • 4 potong paha ayam yang masih ada kulitnya
  • 2 cm jahe iris atau dimemarkan
  • 5 siung bawang putih halus
  • 4 sdm kecap Kikkoman
  • 1100 ml air
  • 1 sdm kaldu ayam
  • 400 ml susu kedelai tanpa pemanis
  • Garam sedikit saja atau secukupnya
  • 2 porsi mie telur buatan sendiri atau mie ramen merk URAI
  • Topping: telur, NARUtomaki, Nori, sawi, minyak cabai
Note : Anda bisa menggunakan mie instan, anda tidak perlu menggunakan bumbu mie

Cara Membuat Ramen :

  1. Rebus air bersama ayam dan jahe, bawang putih ditumbuk halus, kecap, garam, kaldu ayam rebus hingga ayam berubah warna.
  2. Setelah ayam matang, tambahkan susu kedelai. Catatan penting: jika menambahkan susu kedelai, kompor harus dikurangi agar susu tidak meluap. Masak sampai lembut dan koreksi rasa.
  3. Angkat ayam setelah matang. Sisihkan ayam suwir
  4. Kuahnya bisa digunakan untuk merebus mie secara langsung atau merebus mie menggunakan air baru. Kaldu ramen disimpan untuk nanti.
  5. Sajikan mie ramen dengan kuahnya. Minyak cabai, sawi, narutomaki, telur, rumput laut atau nori
Tertarik untuk membuat ramen sendiri di rumah ? Cara membuat ramen khas Jepang ini pun terbuat dari bahan-bahan yang mudah anda cari di swalayan atau di pasar sekitar rumah anda. Selamat mencoba.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *