cara membuat sayur lodeh

Resep Cara Membuat Sayur Lodeh Mudah dan Enak Dirumah

Bingung mau masak apa hari ini ? Sayur lodeh salah satu masakan yang sudah tidak asing lagi bukan bagi kalian, cara membuat sayur lodeh pun cukup terbilang mudah untuk pemula. Yuk simak resepnya berikut ini dan ada sedikit penjelasan mengenai sejerah makanan ini.

Sejarah Sayu Lodeh

Banyak yang mengira sayur lodeh ini berasal dari Jawa karena rasa dan gaya masakannya khas Jawa, namun jika kita melihat sejarahnya, ternyata lodeh sayur ini berasal dari Betawi, begini ceritanya.

Konon beberapa abad yang lalu, pasukan Mataram bergerak menyerang Belanda di Batavia. Saat itu, Sultan Agung menggunakan strategi penarikan pasukan, yaitu menarik pasukan dari berbagai daerah yang dilaluinya. Ia mengajak juara-juara regional yang dilewatinya untuk bergabung dalam penyerangan ke Batavia, sehingga banyak juara dari Cilacap, Tegal, Cirebon, dan daerah lainnya bergabung.

Namun, serangan itu tidak berjalan mulus. karena tentara Belanda berusaha menggagalkan upaya penyerangan dengan membakar gudang makanan tentara Mataram dan mengancam juru masak untuk tidak membantu Sultan Agung dan pasukannya.

Dalam rangkaian penyerangan ini dikatakan bahwa kompi tentara Mataram kelaparan, tidak punya makanan dan tidak ada juru masak. Sehingga mereka mendapat ide untuk memasak sendiri dengan berbagai bahan makanan yang ada.

Mereka mencampur berbagai sayuran dan bumbu yang mereka dapatkan secara acak. Namun ternyata sayuran yang mereka buat memiliki rasa yang enak. Lalu ketika salah satu prajurit dari Bandung bertanya apa nama sayur ini? Prajurit dari Betawi menjawab, “Terserah Anda mau memberi nama apa. Terserah Anda.” Ternyata tentara dari Bogor mengira tentara Betawi mengatakan bahwa nama sayur itu adalah Lodeh Sayur, padahal artinya “Terserah Anda”.

Cara Membuat Sayur Lodeh

Bahan-Bahan :

  • Melinjo secukupnya
  • 100 gr daun melinjo
  • 200 gr labu siam
  • 100 gr kacang panjang
  • 1 terong
  • 3 buah jagung
  • 100 ml santan
  • 1 potong tempe

Bahan Rempah :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 3 kacang hazel
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm garam
  • gula putih secukupnya

Bumbu Pelengkap :

  • 1 cabai merah
  • 1 daun salam
  • 3 cabai hijau
  • 1 cm lengkuas
  • 1 tomat

Cara Membuat Sayur Lodeh :

  1. Kupas labu siam dan potong menjadi kubus.
  2. Potong kacang panjang dengan ukuran kurang lebih 2 cm
  3. Potong terong menjadi kubus.
  4. Cara membuat bumbu haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri dan ketumbar, garam dan gula putih.
  5. Setelah itu, iris cabai merah dan cabai hijau secara miring
  6. Kemudian, potong tomat yang sudah disiapkan menjadi 4 bagian.
  7. Cara memasak pertama, rebus santan yang sudah disiapkan dan bumbu yang sudah dihaluskan dalam panci. Aduk
  8. hingga mendidih.
  9. Setelah itu masukkan lengkuas, jagung, labu siam, melinjo dan kacang panjang. Masak semua bahan
  10. sampai matang
  11. Langkah terakhir masukkan daun melinjo, cabai merah, terong. Masak kembali hingga matang dan
  12. bumbu meresap. Setelah itu ambil.

Filosofi Sayur Lodeh

Dia mengatakan bahwa dalam Islam ini disebut Tafaul yang berarti atau mengambil pertanda baik atau memerangi apa yang dianggap tidak menyenangkan. Masyarakat Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Sleman sudah terbiasa dengan tradisi ini.

Biasanya ibu-ibu memasak tujuh jenis lodeh yang disantap bersama warga. Seperti namanya, lodeh sayur lipat tujuh ini terdiri dari tujuh bahan, antara lain kluwih, cang gleyor, terong, kulit melinjo, waluh, godhong (daun) so dan tempe. Ternyata bahan-bahan tersebut memiliki filosofi tersendiri. Berikut ini adalah pengertian dari tujuh komponen Lodeh.

  1. Kluwih : kaluwargo luwihono aggone gulowentah gatekne (keluarga lebih banyak mendapat nasehat dan perhatian).
  2. Cang gleyor : Cancangen krumu ojo lungo-lungo (ikat badanmu, jangan lepas)
  3. Terong : terus jadi anggon by manembah Gusti ojo datnyeng, mungkin Yen iling tok (perbaikan lagi ibadahnya, bukan sekedar mengenang)
  4. Kulit melinjo: jika anda mengerti njobone ning, anda perlu membulatkan Pagebluk reti njerone (tidak hanya memahami akibat, anda perlu memahami secara mendalam penyebab wabah)
  5. Waluh : uwalono ilangono plaintive gersulo (menghilangkan rasa tidak nyaman dan perasaan galau – harus tetap semangat)
  6. Godong so : golong gilig donga kumpulkan ditimbang sholeh sugeh kaweruh baban agomo lan pagebluk (bersatu dalam doa bersama orang sholeh, baik dalam agama dan wabah)
  7. Tempe: temenono dari dedepe terima kasih pitulungane Gusti Allah (sangat diarahkan untuk meminta bantuan Tuhan)

Bagaimana tertarik untuk mencoba resep cara membuat sayur lodeh yang mudah dan praktis di rumah sendiri ? Makanan ini bisa anda sajikan saat bersama dengan keluarga di rumah. Selamat mencoba membuat dan semoga berhasil.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *