cara membuat tahu gejrot

Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Manis

Siapa yang tidak tahu dengan makanan satu ini ? Ya tahu gejrot makanan yang terbuat dari tahu dan diberi sambal asam jawa yang enak, yuk simak cara membuat tahu gejrot berikut ini..

Sejarah Tahu

Tahu merupakan salah satu lauk pauk yang disukai semua orang, termasuk anak-anak dan orang tua karena tekstur tahu yang sangat lembut. Dari segi nutrisi, lauk kedelai ini sangat adiktif sehingga rasanya sangat enak.

Tapi tahukah kamu bagaimana belajar sejarah sebelum akhirnya masuk ke Indonesia? Mengutip Indonesia Times, tahu berasal dari Cina dan pertama kali disebutkan dalam dokumen kuno yang ditulis oleh Li Xun dari Dinasti Ming. Dokumen ini menjelaskan asal usul tahu di Cina.

Tahu sendiri mulai diproduksi sekitar tahun 164 SM. Seorang pangeran bernama Liu An. Dia adalah Pangeran Kota Huainan selama Dinasti Han. Huainan sendiri merupakan produsen utama kedelai.

Bosan dengan makanan yang dia nikmati, dia datang dengan ide membuat makanan baru dari kedelai karena dia punya banyak kedelai di rumah. Liu An juga mengeringkan dan menggiling kedelai setelah dikeringkan. Selanjutnya, bubuk kedelai Liu dimasak dengan sedikit garam.

Tanpa sepengetahuan Liu An, garam itu membekukan bubuk kedelai. Rasa penasaran muncul dan membuat Liu An merasakan akibat dari kecelakaan tersebut.

Ternyata enak dan cocok dengan tekstur halus yang dihasilkannya. Liu An juga memberi nama dao-hu untuk makanan yang dia temukan. Tao berarti kedelai dan berarti digiling menjadi bubur.

Pendapat lain adalah bahwa orang Cina kuno membuat tahu dengan mengentalkan susu kedelai. Teknologi susu kental manis merupakan metode yang telah ditiru dari teknologi penyimpanan susu orang India dan Mongol dengan cara kondensasi.

Asal Usul Tahu Gejrot

Tahu Geyrot terkenal tidak hanya di Cirebon, tetapi juga di daerah lain. Harganya yang murah membuat suguhan kuliner ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Budayawan Chirebon Nurdin M. Noer menjelaskan, kemunculan kuliner tahu tak lepas dari keberadaan pabrik tahu milik Tionghoa di Desa Jatiseng.

Situasi membaik dengan banyaknya pemilik pabrik yang mencari peruntungan baru dan keluar dari bisnis tahu. Banyak pekerja kemudian memulai bisnis mereka sendiri karena mereka sudah mempunyai pengalaman bekerja di pabrik tahu dan mereka memanfaatkan pengalaman mereka untuk memulai bisnis sendiri.

Sekarang tahu geyrot semakin populer dan disukai banyak orang,” jelasnya menjelaskan bahwa nama tahu geyrot berasal dari kebiasaan para penjual menuangkan air gula merah ke dalam botol atau lemak. Selama proses memasak, bahan tambahan lainnya ditumbuk di atas piring.

Cara Membuat Tahu Gejrot

Bahan-Bahan :

  • 1 Bungkus Tahu Sumedang, kukus sebentar

Bahan Aci Goreng :

  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 sendok makan tepung
  • 1 daun bawang, cincang
  • 1 sdt bawang putih baceman (hanya bawang bombay tanpa minyak)
  • Air panas secukupnya
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk

Bahan-Bahan Sup:

  • 250 ml air
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 2 blok gula merah

Bahan Sambal Ulek Kasar :

  • 1 siung bawang putih
  • 15 cabai hijau
  • 3 – 5 bawang merah

Cara Membuat Tahu Gejrot :

  1. Siapkan campuran aci, campur semua bahan dalam mangkuk, tambahkan putih telur, tambahkan air panas sedikit demi sedikit, jika dirasa pas dan tidak lengket hentikan pemberian air.
  2. Panaskan minyak goreng aci hingga matang, siapkan tahu sumedang saya untuk dikukus terlebih dahulu
  3. Kemudian dalam wajan rebus ari, asam jawa dan juga gula merah hingga gula larut atau cair.
  4. Haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai rawit secara kasar, susun tahu yang sudah dipotong aci dan goreng
  5. Tuang saus asam jawa dan tambahkan bumbu halus, aduk rata dan sajikan
  6. Tahu gejrot siap untuk disajikan

Tertarik untuk mencoba cara membuat tahu gejrot ini di rumah ? Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini sangat mudah untuk anda cari sendiri diwarung ataupun pasar sekitar rumah anda. Selamat mencoba.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *