cara menanam jagung

Mudah Cara Menanam Jagung Yang Mudah dan Sederhana Dirumah

Punya lahan kosong di rumah tapi bingung mau diapakan ? Yuk coba cara menanam jagung yang mudah dan membuahkan hasil yang memuaskan berikut ini yang bisa anda buat sendiri di rumah, jagung juga bisa anda buat menjadi beberapa menu makanan yang sangat enak untuk disajikan. Berikut langkah-langkah cara menanam jagung di rumah.

Cara Menanam Jagung

1. Tentukan Tempat dan Waktu Penanaman

Cara menanam jagung di rumah yang pertama adalah dengan terlebih dahulu menentukan lokasi dan waktu berkebun. Karena jagung membutuhkan sinar matahari langsung untuk pertumbuhan normal, tempat yang cocok untuk menanam jagung adalah tempat dengan curah hujan 85–200 mm per bulan, suhu udara 23–27 ° C dan pH tanah 5,6–7,5. Laman Agri Tani melaporkan bahwa jenis tanah ini tidak terlalu penting asalkan ventilasinya baik dan ketersediaan airnya cukup.

Untuk menghasilkan jagung berkualitas tinggi, Anda harus memilih kebun terbuka. Cobalah untuk memilih area yang relatif bebas gulma atau gulma, karena jagung bisa sangat sulit bersaing dengan tanaman liar.

2. Pemilihan Bibit Jagung Manis

Bibit jagung manis sebenarnya mudah ditemukan di toko pertanian terdekat. Bibit jagung gula dijual dalam kilogram untuk ditanam. Benih ini telah melalui proses sortasi, pengeringan, sterilisasi dan juga pelapisan dengan fungisida. Namun pada umumnya benih jagung buatan pabrik dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Solusi lain, Anda bisa membuat benih jagung manis sendiri. Caranya adalah dengan mencari bibit dari petani jagung manis yang pertama kali menanamnya. Belilah jagung manis tua dari petani yang sengaja menanamnya untuk keperluan benih. Pastikan benih berasal dari varietas jagung manis berkualitas tinggi. Pastikan juga bibit berasal dari tanaman yang bebas penyakit dan hama.

Saat ini terdapat beberapa kelompok tani yang mengkhususkan diri dalam produksi benih jagung manis berkualitas tinggi. Anda dapat membeli dari kelompok petani ini. Jangan biarkan diri Anda membeli benih yang kualitasnya tidak jelas. Karena Anda hanya rugi jika menanam jagung manis dari biji berkualitas rendah dengan hasil yang mengecewakan.

Baca juga : Cara menggunakan mesin pemipil jagung dan juga spesifikasinya.

3. Irigasi dan Nutrisi

Setelah benih jagung mulai tumbuh, sekitar 2-3 hari, Anda dapat menjaga tingkat nutrisi dan air tanaman agar dapat tumbuh dengan baik. Saat tanaman sudah bertunas daun, Anda bisa menyiram tanaman dengan nutrisi hidroponik seminggu sekali. Saat jagung berumur 50 hari, selalu sirami tanaman dua kali sehari, pagi dan sore.

Selain itu, tingkatkan intensitas penyiraman nutrisi hidroponik menjadi 2 kali seminggu. Sementara itu, setelah jagung tumbuh selama 60 hari, sirami tanaman dengan kecepatan 2.200 bagian per juta (ppm) seminggu sekali.

4. Perawatan Tanaman Jagung Manis

Sama seperti tanaman buah-buahan lainnya, jagung manis juga membutuhkan perawatan untuk menghasilkan banyak jagung manis berkualitas saat dipanen. Berikut beberapa perawatan yang harus Anda lakukan dengan baik:

1. Pemupukan

Pemupukan dengan pupuk yang berkualitas dengan dosis yang disesuaikan dengan luas tanam. Anda dapat memupuk setiap minggu untuk bulan pertama dan setiap dua minggu untuk bulan kedua. Pemupukan juga bisa dilakukan sesuai dengan kebiasaan petani, sekitar dua kali per musim.

2. Penyemprotan

Proses selanjutnya adalah penuangan. Proses ini dapat dilakukan pada saat kondisi tanah sangat kering atau penanaman jagung dilakukan pada musim kemarau. Namun, jika Anda menanam saat musim hujan tidak perlu disiram, cukup pastikan ada drainase yang baik.

3. Pengendalian Hama dan Penyakit

Proses perawatan untuk hal ini bisa dibilang cukup sulit karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman jagung manis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan proses pemusnahan hama dan penyakit agar tanaman jagung dapat tumbuh dengan optimal.

5. Proses Panen

Ketika semua proses telah selesai dan jagung manis siap dipanen. Anda bisa memanen jagung manis pada usia 3 bulan, waktu panen juga tergantung pada kesuburan tanaman. Lihat beberapa pohon sebagai sampel sebelum melakukan panen penuh.

Bagaimana tertarik untuk mencoba cara menanam jagung sendiri di rumah dengan menggunakan alat yang sederhana dan juga lahan yang seadanya. Jika sudah panen anda bisa mengkonsumsi jagung ini menjadi beberapa menu yang enak dan juga sangat mudah untuk dibuat. Selamat mencoba.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *